GAMBARAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUNAN KALIJAGA DEMAK

Khaeriah, Siti (2016) GAMBARAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUNAN KALIJAGA DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Persepsi mempunyai peran yang sangat penting dalam menilai suatu kualitas pelayanan keperawatan, karena berdasarkan persepsi yang baik dari pasien terhadap mutu asuhan keperawatan di RS akan dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan menimbulkan image yang positif kepada RS tersebut. Persepsi pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan akan menentukan perilaku pasien di dalam pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran persepsi pasien tentang mutu pelayanan asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 83 pasien dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif frekuensi. Hasil : Hasil analisa diperoleh bahwa dari 83 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik umur dewasa akhir sebanyak 67,5%, dengan karakteristik tingkat pendidikan sebagian besar SMP sebanyak 41,0%, dengan karakteristik jenis kelamin perempuan sebanyak 53.0%, karakteristik lama dirawat sebanyak >5 hari 55, 4% dan penelitian ini menunjukkan hasil gambaran persepsi pasien tentang mutu pelayanan asuhan keperawatan rendah sebanyak 56,6%. Simpulan : Hasil penelitian ini dengan kategori persepsi pasien rendah tehadap mutu pelayanan asuhan keperawatan sebanyak 56.6 %, kategori sedang 25,3%, dan kategori tinggi 18,1%. Pasien di RSUD Sunan Kaliajaga Demak Semarang memiliki persepsi yang negatif terhadap mutu pelayanan asuhan keperawatan empati dan ketanggapan. Saran : Bagi Profesi Perawat, bagi Institusi, bagi pihak menejemen RS dan bagi pasien. Kata kunci : Persepsi pasien tentang Mutu pelayanan asuhan keperawatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:35
Last Modified: 08 Sep 2016 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4782

Actions (login required)

View Item View Item