PENGARUH CSR DISCLOSURE, EARNING QUALITY, FIRM SIZE, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2011)

Nurleyla, Fitri (2015) PENGARUH CSR DISCLOSURE, EARNING QUALITY, FIRM SIZE, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2011). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
skripsi_1 Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi_1 Cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi_1 daftar isi.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Informasi laba merupakan referensi bagi investor untuk menanamkan investasinya kepada perusahaan tersebut karena earnings, baik positif maupun negatif yang diperoleh dari laporan rugi-laba perusahaan akan mempengaruhi return saham. Umumnya dalam mengetahui kualitas laba yang baik dapat diukur dengan menggunakan earnings response coefficient (ERC), yang merupakan bentuk pengukuran kandungan informasi dalam laba. Informasi laba merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan yang banyak mendapat perhatian. Kebutuhan akan pembandingan laba antar perusahaan dan untuk memahami perbedaaan kualitas yang digunakan sebagai penilaian yang didasarkan pada laba, maka perlu dilakukan pengukuran atas kualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh antara CSR disclosure, earning quality, firm size, dan leverage terhadap earning response coefficient. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) tahun 2009-2011 sebesar 148 perusahaan. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2009-2011 yang telah ditentukan berdasarkan kriteria dengan menggunakan metode purposive sampling. Total sampel penelitian ini adalah 36 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh CSR disclosure, earning quality, firm size, dan leverage terhadap earning response coefficient. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CSR disclosure dan earning quality berpengaruh positif terhadap earning response coefficient. Sedangkan variabel firm size berpengaruh positif tidak signifikan terhadap earning response coefficient. Dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap earning response coefficient. Kata kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, Earning Quality, Firm Size, Leverage, Earning Response Coefficient.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Aug 2015 04:17
Last Modified: 13 Aug 2015 04:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item