HUBUNGAN CARING PERAWAT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD UNGARAN

Mubarani, Yunita (2015) HUBUNGAN CARING PERAWAT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD UNGARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Yunita Mubarani HUBUNGAN CARING PERAWAT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSUD UNGARAN 80 hal + 17 tabel + xvii Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan cerminan mutu pelayanan keperawatan yang diberikan. Kepuasan pasien akan meningkat jika kualitas pelayanan dan caring perawat diberikan secara komprehensif, berdasarkan data tanggal 10 November 2014 didapatkan 1 dari 8 perawat (12,5%) menyatakan perawat kurang ramah dan 7 pasien (70%) mengungkapkan bahwa sangat jarang perawat melakukan komunikasi secara personal dengan pasien, perawat juga tidak memberi masukan terkait penyakit pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan caring perawat dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Ungaran. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental dengan metode cross sectional. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Jumlah keseluruhan responden dengan menggunakan teknik consequtive sampling yaitu 88 responden, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus spearman rank. Hasil: Hasil analisa yang diperoleh dari 88 responden, didapatkan bahwa caring perawat baik sebanyak 72 responden (81,8%), kualitas pelayanan tinggi sebanyak 69 responden (78,4%), Kepuasan pasien puas sebanyak 57 responden (64,8%). Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara caring perawat dan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di RSUD Ungaran untuk caring perawat dengan nilai p value 0,000 dan nilai korelasi spearman rank sebesar 0,726 dan untuk kualitas pelayanan p value 0,001 dan nilai korelasi spearman rank sebesar 0,358. Kata Kunci: Caring perawat, Kualitas pelayanan dan Kepuasan. Daftar Pustaka: 80 (1983 – 2014)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 02:21
Last Modified: 25 Aug 2015 02:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item