ANALISIS ARGUMEN SISWA MELALUI TOULMINS ARGUMENTATION PATTERN DALAM MEMVALIDASI JAWABAN PHOTOMATH

Nurwanto, Gymnastiar Fauzi (2024) ANALISIS ARGUMEN SISWA MELALUI TOULMINS ARGUMENTATION PATTERN DALAM MEMVALIDASI JAWABAN PHOTOMATH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000014_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Kemampuan argumentasi dianggap sangat signifikan dengan tujuan pendidikan dan memiliki peran penting dalam pembelajaran Matematika. Kemampuan argumentasi menjadi penting untuk dianalisis pada siswa, sebab argumentasi mengarahkan siswa untuk mampu mengungkapkan argumen dalam bentuk argumen, memberikan alasan atau bukti berdasarkan fakta, mengevaluasi dan membenarkan informasi dari berbagai sumber selama penyelidikan hingga berujung pada sebuah penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara argumen siswa kelas XI dalam memvalidasi jawaban photomath materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Toulmin’s Argumentation Pattern. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA 1 Bae Kudus. Pengambilan subjek menggunakan cara Purposive Sampling. Data penelitian yang diperoleh berupa data jawaban Photomath menggunakan soal cerita dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan argumen pada validasi jawaban siswa. Dimana terdapat argumen bahwa jawaban yang disajikan oleh photomath bernilai benar dan terdapat argumen bahwa jawaban yang disajikan photomath bernilai salah. Siswa dengan validasi jawaban photomath bernilai benar memiliki 5 unsur Toulmins Argumentation Pattern yaitu berupa evidence, warrant, backing, qualifier, serta claim, dalam kondisi rebuttal siswa belum mampu untuk memberikan sanggahan terhadap suatu claim pada kondisi tertentu. Sedangkan siswa dengan validasi jawaban photomath bernilai salah memiliki 6 unsur Toulmins Argumentation Pattern yaitu berupa evidence, warrant, backing, qualifier rebuttal, serta claim. Kedua argument tersebut memiliki Perbedaan pada warrant, backing, dan qualifier. Saran praktis dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap proses argumentasi secara mendalam, terutama dalam konteks matematika Kata Kunci: Argumen, Photomath, Toulmins Argumentation Pattern, Validasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37317

Actions (login required)

View Item View Item