HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWADI SMAN 8 SEMARANG

KHOMSIAH, KHOMSIAH (2024) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWADI SMAN 8 SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Psikologi_30701700057_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30701700057_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara intensitas bermain game online dan minat belajar pada siswa SMAN 8 Semarang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 108 siswa SMAN 8 Semarang yang diambil dengan metode cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala minat belajar yang terdiri dari 19 aitem dengan reliabilitas 0,832, dan skala intensitas bermain game online yang terdiri dari 14 aitem dengan reliabilitas 0,857. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis korelasi Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara intensitas bermain game onlinedan minat belajar, dengan nilai rs = 0,732 dan p = 0,000 (p<0,05). Sumbangan efektif intensitas bermain game online terhadap minat belajar sebesar 50,9%, menunjukkan bahwa intensitas bermain game online memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap minat belajar siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa fakor ini memainkan peran penting dalam mempengaruhi minat belajar siswa. Kata kunci:intensitas bermain game online, minat belajar, siswa SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36484

Actions (login required)

View Item View Item