PENGARUH FREE CASH FLOW, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LIKUIDITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG (Studi Pada Perusahaan BUMN Non Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Rohmah, Zulviatul (2024) PENGARUH FREE CASH FLOW, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LIKUIDITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG (Studi Pada Perusahaan BUMN Non Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402000326_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000326_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh free cash flow, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, likuiditas dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan BUMN non sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan strategi penelitian asosiatif dengan tipe kausalitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu 24 perusahaan BUMN non sektor keuangan yang terdaftar di BEI. Penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan kriteria perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan selama periode penelitian, menggunakan mata uang rupiah dalam laporan keuangannya dan menyajikan data secara lengkap yang dibutuhkan peneliti, sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan BUMN non sektor keuangan dengan periode pengamatan selama 5 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa (1) free cash flow berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan hutang (2) kepemilikan institusional secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan hutang (3) kepemilikan manajerial secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan hutang (4) likuiditas secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan hutang (5) pertumbuhan perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang. Secara simultan, free cash flow, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan secara bersamasama memengaruhi kebijakan hutang. Kata Kunci : free cash flow, kepemilikan intitusional, kepemilikan manajerial, likuiditas, pertumbuhan perusahaan, kebijakan hutang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:28
Last Modified: 23 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34793

Actions (login required)

View Item View Item