EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE EARNED VALUE DAN CRASHING PROJECT (STUDI KASUS RUKO DI JALAN KI AGENG PANJAWI, KECAMATAN KLATEN UTARA, KABUPATEN KLATEN)

Yonamastuti, Ervina and Aini, Irvita Asri (2024) EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE EARNED VALUE DAN CRASHING PROJECT (STUDI KASUS RUKO DI JALAN KI AGENG PANJAWI, KECAMATAN KLATEN UTARA, KABUPATEN KLATEN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202200262_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202200262_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proyek dapat mengalami perubahan situasi dan kondisi setiap saat yang menyababkan timbulnya permasalahan. Salah satu bentuk permasalahan proyek adalah keterlambatan seperti yang terjadi pada pembangunan Proyek Ruko 3 Lantai di Jalan Ki Ageng Panjawi, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan manajemen konstruksi yang baik agar pelaksanaan proyek tepat waktu dan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran. Pada penelitian ini, evaluasi biaya dan waktu menggunakan metode Earned Value serta peningkatan efektivitas waktu dengan metode crashing menggunakan bantuan Software Primavera Project Planner P6. Data yang digunakan yaitu data primer berupa foto pelaksanaan proyek serta data sekunder berupa time schedule, RAB, laporan kemajuan prestasi mingguan, biaya aktual dan AHSP. Hasil evaluasi Earned Value menunjukkan kinerja proyek mengalami keterlambatan (nilai SPI<1 dan SV negatif) serta over budgeting (CPI<1 dan CV negatif). Berdasarkan keterlambatan tersebut, proyek diperkirakan selesai dengan durasi 129 hari dan biaya total sebesar Rp1.105.064.482,76. Untuk mengatasi permasalahan itu, dilakukan alternatif crashing 1 dengan hasil durasi 109 hari (percepatan 9,17%). Sementara itu, dari alternatif crashing 2 didapatkan durasi 120 hari (percepatan 7,5%). Kata Kunci : earned value; crashing; biaya; waktu; primavera p6

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:30
Last Modified: 03 Jun 2024 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34417

Actions (login required)

View Item View Item