ARFI’AH, AMELIA (2023) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Psikologi_30701900022_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Psikologi_30701900022_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
Abstract
Motivasi sangat memengaruhi kesuksesan kegiatan manusia, termasuk kegiatan belajar (Kamaluddin, 2017). Faktor yang memengaruhi menurunnya motivasi belajar yaitu kepercayaan diri. Rasa percaya diri sangat dibutuhkan siswa untuk dapat mengoptimalkan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri akademik dengan motivasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang, sampel yang digunakan sebanyak 175 siswa. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri akademik dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,938 dan skala motivasi belajar matematika dengan koefisien reliabilitas 0,960. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara kepercayaan diri akademik dengan motivasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang yang memperoleh hasil rxy 0,561 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Kata Kunci: kepercayaan diri akademik, motivasi belajar, matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:05 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33251 |
Actions (login required)
View Item |