Musafa’ah, Siti (2023) HUBUNGAN ANTARA EMOSI POSITIF DENGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWI DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI APLIKASI E-COMMERCE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Psikologi_30701900003_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Psikologi_30701900003_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mahasiswi yang menggunakan aplikasi e-commerce dalam melakukan pembelian impulsif dipengaruhi oleh emosi positif atau tidak. Penelitian kuantitatif ini mengkaji penggunaan aplikasi belanja online oleh mahasiswa S1 Universitas Islam Sultan Agung tahun 2022 sampai dengan tahun 2019. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 200 orang dari total 10.032 mahasiswi. Skala emosi positif yang memiliki reliabilitas 0,880 dan skala impuls pembelian yang memiliki reliabilitas 0,860 merupakan dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Uji korelasi product moment untuk menganalisis data. Ditemukan korelasi dengan pembelian impulsif dan emosi positif, dengan skor rxy -0,220 dan tingkat signifikansi 0,002 (P<0,005). Hal ini menunjukkan adanya korelasi negatif antara emosi positif dengan perilaku pembelian impulsif. Mahasisiwi yang memiliki emosi lebih positif memiliki perilaku pembelian impulsif yang rendah sehingga hipotesis dalam penelitian ini di tolak. Kata Kunci: Emosi Positif Pada Mahasiswi, Pembelian Impulsif Pada Mahasiswi, Pembelian Di Aplikasi E-Commerce
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:12 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:12 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32164 |
Actions (login required)
View Item |