STUDI KORELASI MANAJEMEN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS X & XI

Lestari, Wati (2023) STUDI KORELASI MANAJEMEN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS X & XI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Psikologi_30701700134_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Psikologi_30701700134_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara manajemen diri dengan prestasi belajar matematika kelas X & XI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 77 merupakan siswa aktif kelas X dan XI. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simpel random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu instrumen manajemen diri yang terdiri dari empat aspek yaitu pendorongan diri, penyusunan diri, pengendalian diri, dan pengembangan diri. Instrumen manajemen diri terdiri dari 32 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,786 dan prestasi belajar matematika terdiri dari nilai mata pelajaran kelas X dan XI. Hasil hipotesis menunjukkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,055 dengan taraf signifikan 0,638 (Sig>0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara manajemen diri dengan prestasi belajar matematika di SMK Diponegoro. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terbukti adanya pengaruh antara manajemen diri terhadap hasil prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci : Manajemen diri, Prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:21
Last Modified: 23 Oct 2023 03:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32118

Actions (login required)

View Item View Item