THE EFFECTIVENESS OF MISTER MAKER VIDEO AS MEDIUM TO TEACH WRITING SKILL OF PROCEDURE TEXT (An Experimental Research on the Ninth Graders of SMP Islam Sultan Agung I Semarang in the Academic Year of 2015/2016)

Ulya, Lailita Izza (2015) THE EFFECTIVENESS OF MISTER MAKER VIDEO AS MEDIUM TO TEACH WRITING SKILL OF PROCEDURE TEXT (An Experimental Research on the Ninth Graders of SMP Islam Sultan Agung I Semarang in the Academic Year of 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah tentang menulis sebuah teks prosedure dalam menggunakan Mister Maker Video untuk kelas sembilan siswa SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Mister Maker Video efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedure. Penelitian ini menggunakan teknik quasi eksperimental. Populasi untuk penelitian ini di kelas sembilan SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Dengan jumlah total siswa 149 siswa. Penulis menggunakan teknik sampel purposiv dan dua kelas diambil sebagai sampel, yaitu kelas IX A sebagi kelas perlakuan dan kelas IX B sebagai kelas control. Alat pengumpul data menggunakan tes tertulis. Penulis menggunakan dua macam tes; pre-test dan posttest. Sebelum perlakuan dilakukan, pre-test terlebih dahulu diberikan pada kedua kelas. Post-test diberikan setelah perlakuan dilaksanakan. Kemudian data dari kedua tes diberi nilai dan penulis menggunakan program SPSS versi 21.0 untuk menganalisa hasil dari pre-test dan post-test. Hasil dari T-test menunjukkan bahwa rata-rata dari kelas perlakuan dalam pre test adalah 68,14 dan sebaliknya rata-rata kelas control adalah 66,03. Setelah melakukan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test kelas control adalah 66,03 sedangkan nilai rata-rata kelas perlakuan adalah 79,14. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas perlakuan dan kelas control. Didukung oleh hasil analisis t-test antara pre-test dan post-test di kelas percobaan bahwa sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05. Itu menunjukkan bahwa � � ��� � lebih effective daripada menggunakan video lain dalam teks prosedure. Dapat disimpulkan bahwa H dapat diterima. Katakunci: Mister Maker Video, Pengajaran Menulis, Teks Procedure

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:53
Last Modified: 16 Feb 2016 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item View Item