THE EFFECTIVENESS OF SUMMARY WRITING STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXTS (A Quasi Experimental Research on the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 6 Semarang in the Academic Year 2015/2016)

Kamila, Laela (2015) THE EFFECTIVENESS OF SUMMARY WRITING STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXTS (A Quasi Experimental Research on the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 6 Semarang in the Academic Year 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas dari penggunaan strategi menulis ringkasan untuk meningkatkan pemahaman membaca text exposisi analitis pada siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen non-ekuivalen kontrol grup. Sebanyak dua kelas dari populasi digunakan sebagai sampel pada penelitian ini yaitu sebagai kelas experimen and kelas kontrol. Ada tiga aktivitas dalam penelitian ini yaitu pretest, perlakuan dan posttest. Kelas ekperimen mendapatkan pembelajaran tentang ekposisi analitis dengan menggunakan stra� � • � �lis ringasan sebanyak 4 kali pertemuan, sedangkan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran dengan materi yang sama namun dengan menggunakan startegi menjawab soal tes sebanyak 4 kali. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca siswa pada text exposisi analitis adalah satu set soal pilihan ganda, satu set soal pretest sebanyak 20 butir soal sedangkan posttest sebanyak 40 butir soal. Hasil rata-rata nilai dari pretest and posttest kelas eksperimen adalah 63.33 dan 88.52, sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 62.24 dan 79.40. Tiga tahapan analisis digunakan untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, yaitu uji normalitas tes (one sample Kolmogorov Smirnov test), uji homogenitas dan uji t dua sample independen. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas menunjukan semua data normal dan homogen. Hasil dari uji t pada nilai pretest dari kelas ekperimen dan kelas kontrol menunjukan tidak ada perbedaan signifikan (t = 0.335, Sig. (2 tailed) = 0.739) dan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest dari kedua kelas (t = 8.102, Sig. (2 tailed) = 0.000). Kelas ekperiment mendapatkan nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai dari kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan strategi menulis kesimpulan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca text exposisi analitis pada siswa kelas XI. . Kata kunci: strategi menulis ringkasan, exposisi analitis, kemampuan membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:53
Last Modified: 16 Feb 2016 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item View Item