KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN SLIDE POWERPOINT PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs

Ni’mah, Efilutfiatun (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN SLIDE POWERPOINT PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh aktivitas dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan slide PowerPoint terhadap hasil belajar, (2) mengetahui apakah perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan slide PowerPoint dan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation tanpa berbantuan slide PowerPoint, (3) mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan slide PowerPoint mencapai kategori baik pada materi segiempat di kelas VII semester II MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati tahun ajaran 2014/2015. Penarikan sampel penelitian menggunakan sistem cluster random sampling, hasil yang diperoleh yaitu 27 siswa pada kelas VII A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang akan dikenai (pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan slide PowerPoint) dan 27 siswa pada kelas VII B sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang akan dikenai (pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation tanpa berbantuan slide PowerPoint). Sedangkan untuk kelas uji coba menggunakan siswa kelas VII B MTs. Miftahul Huda Jepara. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan motivasi siswa pada kelas eksperimen memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 89,2%. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,59 dan kelas kontrol adalah 76,19. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai kategori baik. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai kategori baik. Aktivitas siswa dan motivasi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:13
Last Modified: 16 Feb 2016 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3099

Actions (login required)

View Item View Item