THE EFFECTIVENESS OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TO IMPROVE STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (An Experimental Study of the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year of 2015/2016)

Sary, Devi Ratna (2015) THE EFFECTIVENESS OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TO IMPROVE STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (An Experimental Study of the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year of 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Studi ini adalah tentang metode mengajar teks deskripsi dengan menggunakan metode pembelajaran Contextaul Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan apakah metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Studi ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental dengan subyek siswa-siswi keÄ4y@ � � ��ke �   � � � �� � �ang tahun ajaran 2015/2016 dan sample studinya adalah kelas X1 sebagai kelompok kontrol (35) dan X2 (33) sebagai kelompok eksperimen. Dalam pengolahan data, penulis menggunakan lima elemen penilaian kemampuan menulis dan itu digunakan sebanyak dua kali, dalam pre-test dan post-test. Kemudian penulis menganalisis data tersebut menggunakan SPSS untuk windows versi 16.00. Dari hasil analisis, diketahui bahwa sebelum kegiatan belajar mengajar, kemampuan kedua kelompok hampir sama, tetapi setelah mendapat teknik pembelajaran yang berbeda, hasil post-test dari kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan analisis statistik, dapat dilihat bahwa nilai t-test lebih tinggi dibandaing nilai t-table (6.500 > 1.997) dan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Kata kunci : Contextual Teaching�   �  � ��P���� e text, Writing Skill, Teaching writing Descriptive text.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Sastra Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:05
Last Modified: 16 Feb 2016 06:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item