PERSEPSI MAHASISWI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TERHADAP TREND JILBAB ENDORSERS DI TELEVISI

Ita Nurcahayati, Ita (2015) PERSEPSI MAHASISWI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TERHADAP TREND JILBAB ENDORSERS DI TELEVISI. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya trend mode jilbab kreasi baru yang sangat beraneka ragam, dengan tampilan modis, moderen, stylish, fashionable, dan indah dipandang. Seperti yang dikenakan oleh para jilbab endorsers yang ada di televisi saat ini. perkembangan model jilbab dan trend jilbab tersebut banyak diikuti oleh sebagian besar mahasiswi. Salah satunya adalah pada mahasiswi Fakultas Agama Islam yang saat ini telah mengalami perubahan dalam mode berbusana. Hal ini terlihat dari cara berpakaian mereka yang terlihat lebih modis dan fashionable. Maka dengan adanya hal tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana persepsi mahasiswi Fakultas Agama Islam terhadap trend jilbab endorsers yang ada saat ini.. Sehingga untuk menemukan jawaban permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan landasan teori persepsi dan konsep jilbab. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data didapat dari data primer dan sekunder. Adapun data primer didapat dari hasil wawancara dengan 4 mahasiswi Fakultas Agama Islam yang memeiliki gaya busana trend. Karena fokus penelitiannya adalah pada mahasiswi yang memiliki latarbelakang pendidikan agama islam yang lebih luas, sehingga dianggap mampu memberikan jawaban-jawaban yang lebih berimbang. Sedangkan data sekundernya didapat dari sumber-sumber lain yang dianggap representatif untuk dijadikan bahan analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswi Fakultas Agama Islam menganggap Positif adanya trend jilbab endorsers di televisi yang ada saat ini. Dengan alasan trend Jilbab Endorsers di Televisi sebagai bentuk dari adanya kemajuan zaman. Dimana kemajuan zaman di era moderen seperti ini tidak dapat dihindari oleh individu yang menjalaninya. Sehingga mahasiswi FAI sebagai makhluk sosial juga memiliki hasrat dan keinginan untuk mengikuti trend Jilbab tersebut. Terlepas dari adanya trend jilbab yang tidak sesuai dengan kaidah Islmi, Mahasiswi FAI menganggap tergantung pada individu yang menjalani secara bijak, dimana pengetahuan agama yang sudah didapat dijadikan sebagai landasan bagaimana mereka berpenampilan. Kata kunci: Persepsi, trend Jilbab endorsers, Televisi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:04
Last Modified: 16 Feb 2016 06:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item