Shimatul Asqiyya, Nivenia (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP ADAPTABILITAS KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Psikologi_30701601928_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Psikologi_30701601928_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan adversitas terhadap adaptabilitas karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang pada masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah korelasi kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa tingkat akhir angkatan 2017-2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan sampel berjumlah 75 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Skala yang digunakan pada penelitian adalah skala likert yang terdiri dari 2 skala. Skala adaptabilitas karir terdiri dari 24 aitem dengan reliabilitas 0,933. Skala kecerdasan adversitas terdiri dari 32 aitem dengan reliabilitas 0,891. Hasil analisis data menggunakan spearman rho menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan adversitas terhadap adaptabilitas karir pada mahasiswa tingkat akhir, dimana semakin tinggi seorang mahasiswa tingkat akhir memiliki kecerdasan adversitas maka semakin tinggi pula sikap adaptabilitas karir iu muncul dengan koefisien korelasi sebesar 0,345 dan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 11,4%. Kata Kunci: Kecerdasan Adversitas, Adaptabilitas Karir
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:19 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28857 |
Actions (login required)
View Item |