Perbedaan Religiusitas dan Sikap terhadap Budaya Akademik lslami (BUDAI) antara Mahasiswa UNISSULA Yang Sudah Ikut dan Belum Ikut Pelatihan Budaya Akademik lslami (BUDAI)

KORATRI, AYIANTO (2008) Perbedaan Religiusitas dan Sikap terhadap Budaya Akademik lslami (BUDAI) antara Mahasiswa UNISSULA Yang Sudah Ikut dan Belum Ikut Pelatihan Budaya Akademik lslami (BUDAI). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
072030431_fulltext.pdf

Download (40MB)

Abstract

Latar belakang penelitian didasarkan pada munculnya fenomena mengantri di depan pintu gerbang utama kampus dan adanya mahasiswa yang tetap berada di kantin saat adzan dzuhur dan ashar berkumandang. Fenomena tersebut bertentangan dengan aturan-aturan dalam penerapan BUDAI (Budaya Akademik lslami) di kampus, dan dalam sosialisasi program BUDAI dilaksanakan pelatihan BUDAI bagi mahasiswa, namun fenomena yang terjadi menunjukan bahwa sebagian mahasiswa yang melakukan pelanggaran terhadap penerapan BUDAI di kampus adalah mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan BUDAI Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui secara empirik perbedaan religiusitas dan sikap terhadap BUDAI antara mahasiswa yang ikut dan tidak ikeut pelatihan BUDAI. Hipotesis yang diajukan adalah Ada perbedaan religiusitas antara mahasiswa UNISSULA yang ikut dan tidak ikut pelatihan BUDAI dan ada perbedaan sikap terhadap BUDAI antara mahasiswa UNISSULA yang ikut dan tidak ikut pelatihan BUDAI Perbedaan religiusitas antara mahasiswa UNISSULA yang ikut dan tidak ikut pelatihan BUDAI di uji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh rerata untuk religiusitas mahasiswa yang ikut pelatihan BUDAI sebesar 75,78, mahasiswa yang tidak ikut pelatihan BUDAI sebesar 76,48 dengan nilait = -0,390 dan p = 0,01). Perbedaan sikap terhadap BUDA! antara mahasiswa UNISSULA yang ikut dan tidak ikut pelatihan BUDAI di uji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh rerata sikap terhadap BUDAI untuk mahasiswa yang ikut pelatihan BUDA sebesar 119,36 sedangkan pada mahasiswa Yang 0,697 (p > 0,560 dan signifikan 0,577 (p > tidak = ikut pelatihan BUDAI sebesar 117,30 dengan nilai t 0,01 ). Hasil tersebut menggambarkan suatu keimpulan bahwa tidak ada perbedaan religiusitas dan sikap terhadap BUDA! antara mahasiswa yang sudah ikut pelatihan BUDAI dan mahasiswa yang belum ikut pelatihan BUDAI. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan ditolak Kata kunci: Religiusitas, Sikap, BUDAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:37
Last Modified: 12 Jul 2022 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24261

Actions (login required)

View Item View Item