STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK (STUDI KUALITATIF PADA SMK-PPN WAWOTOBI) SULAWESI TENGGARA

Hartini, Hartini (2014) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK (STUDI KUALITATIF PADA SMK-PPN WAWOTOBI) SULAWESI TENGGARA. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pemasaran terhadap jumlah peserta didik di SMK-PPN Wawotobi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didefinisikan sebagai penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara holistik fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan sebagainya. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggambarkan secara detail semua apa yang terjadi dalam proses kegiatan strategi pemasaran berkaitan dengan minat siswa untuk masuk ke SMK-PP Negeri Wawotobi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 responden yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat yang mempunyai anak kelas 3 SMP. Data yang dikumpulan terdiri dari data primer yang diperoleh dari proses observasi dan wawancara secara mendalam terhadap narasumber yang dijadikan sebagai informan dan data sekunder diperoleh dari institut terkait yang mendukung penelitian ini. Teknik analisis data yang dipakai adalah menggunakan metode naturalistik yang disebut model analisis angiif, model wawancara analisis melibatkan pengumpulan data, mengurangi penyajian data dan juga menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan di SMK-PP Negeri Wawotobi sudah memenuhi syarat 7P namun efektifitas dari program yang telah dijalankan tersebut masih sangat kurang dari target untuk peningkatan minat para siswa. Dari hasil penelitian pula diketahui bahwa akibat dari menurunnya jumlah peserta didik disebabkan oleh kurangnya promosi dan sarana prasarana yang kurang dipelihara sehingga masyarakat kurang berminat untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah ini. Implikasi kebijakan yang perlu dilakukan adalah dengan cara membangkitkan emosional masyarakat bahwa sektor pertanian sangat penting untuk dikaji lebih dalam dengan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosialiasi pertanian, pendampingan secara teknis maupun non teknis pada para petani yang ada didaer �� � � n Konawe dan aktif dalam memberikan terobosan-terobosan terbaru mengenai teknologi pertanian. Pihak sekolah perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang berbasis masyarakat dengan artian bahwa para guru maupun siswa perlu terjun secara langsung dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang dapat menyentuh dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para petani secara langsung sebagai salah satu media promosi yang lebih efektif. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Analisis Pasar, Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:32
Last Modified: 15 Jan 2016 04:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item