PERAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA UKM BERBASIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN : STUDI KUALITATIF

Maralutifa, Rien (2014) PERAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA UKM BERBASIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN : STUDI KUALITATIF. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah model konseptual hubungan antara berbagi pengetahuan, orientasi kewirausahaan dan kinerja organisasi dengan pendekatan kualitatif verifikatif. Pendekatan kualitatif verivikatif yaitu penelitian yang menganut upaya analisis induktif. Sehingga format dalam penelitian ini, peneliti mengutamakan memperoleh data sebanyakbanyaknya dari lapangan kemudian data tersebut dilakukan analisis terhadap teori yang digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Orientasi kewirausahaan dan berbagi pengetahuan serta kaitannya dengan kinerja masih jarang dibahas dalam penelitian terdahulu. Hanya saja beberapa penelitian terdahulu membahas semua dimensi pada orientasi kewirausahaan melalui proses penciptaan pengetahuan dan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah pengusaha IT yang sudah menempuh pendidikan dan pelatihan baik dari perguruan tinggi maupun sekolah menengah kejuruan. Sehingga sudah mampu dalam menerapkan dua jenis berbagi pengetahuan yang berbeda, baik tukar pengetahuan antara pemimpin dengan karyawan maupun antar sesama karyawan dan mengaplikasikannya kedalam tindakan. Sebanyak enam narasumber penelitian terlibat dalam penelitian ini. Mereka adalah pengusaha produk kreatif berbasis IT Provinsi Jawa Tengah Kota Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan metode kepustakaan. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha produk kreatif berbasis IT mendasarkan orientasi usahanya pada inovatif, proaktif dan pengambilan resiko. Sedangkan berbagi pengetahuan perusahaan produk kreatif berbasis IT menekankan pada segi pengetahuan tacit dan pengetahuan eksplisit. Selanjutnya pada kinerja organisasi para pelaku pengusaha menonjolkan pada segi kuantitas produk, SDM yang kreatif dan produk yang inovatif. Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Berbagi Pengetahuan, Kinerja Organisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jan 2016 03:29
Last Modified: 08 Jan 2016 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item