PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PENGELOLAAN STRESS TEKNOLOGI DAN BEBAN TEKNOLOGI

Oktavianda, Wid Adelies (2014) PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PENGELOLAAN STRESS TEKNOLOGI DAN BEBAN TEKNOLOGI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Peran pemasaran menjadi lebih strategis terkait dengan perubahan lingkungan bisnis yang cepat dan susah diprediksi, ditandai dengan pelanggan yang lebih teredukasi, persaingan yang lebih terbuka dan canggih yang membutuhkan usaha yang lebih untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Teknologi acapkali dianggap sebagai faktor perubah yang implementasinya pada proses bisnis akan memperkuat organisasi dan mampu meningkatkan penjualan. Di sisi lain, implementasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) menimbulkan fenomena yang bernama tekno stress dan meningkatkan beban teknologi, yang mempengaruhi secara negatif produktivitas. Penelitian ini akan menganalisa kesenjangan riset tersebut, serta menawarkan modal sosial sebagai faktor moderasi, sebagai bagian kontribusi menggambarkan manajemen stress dan beban yang timbul akibat implementasi TIK. Penelitian ini melibatkan 32 staf pemasaran Nestle Nutrition yang menggunakan iPad sebagai piranti bekerja sebagai responden, dianalisa menggunakan metode Partial Least Square yang diolah melalui smartPLS dengan derajat kepercayaan 95%. Analisa yang dilakukan yaitu outer model (validitas dan reliabilitas) serta inner model. Responden memperlihatkan bahwa stress teknologi dalam taraf rendah, beban teknologi yang cukup tinggi, kinerja pemasaran yang tinggi dan modal sosial yang dimiliki pun tinggi. Penelitian ini menunjukkan bahwa stress teknologi mempengaruhi secara negatif kinerja pemasaran, beban teknologi juga mempengaruhi secara negatif kinerja pemasaran serta stress teknologi mempengaruhi beban teknologi. Modal sosial mampu memoderasi hanya pada hubungan antara stress teknologi dan kinerja pemasaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi TIK akan menyebabkan tekno stress dan beban teknologi yang mempengaruhi kinerja pemasaran, dan modal sosial dapat membantu memoderasi stress teknologi kepada kinerja pemasaran. Kata kunci : stress teknologi, beban teknologi, kinerja pemasaran, modal sosial, implementasi TIK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jan 2016 03:30
Last Modified: 08 Jan 2016 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item