KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD NEGERI SEMBUNGHARJO 02 SEMARANG

PURVITASARI, SISKA (2021) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD NEGERI SEMBUNGHARJO 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (512kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (525kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700109_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi kepribadian ialah modal utama guru pendidikan agama Islam untuk mengelola, membina akhlak peserta didik serta sebagai salah satu tercapainya tujuan pendidikan Islam yaitu menjadikan manusia yang berakhlak mulia. Guru adalah seseorang yang menjadi panutan untuk “digugu” (diikuti nasehat, perkataan, arahanya) dan “ditiru” (dicontoh watak dan perilakunya). Penulisan skripsi ini mencoba menjawab rumusan masalah tentang bagaimana kompetensi guru PAI dalam membina akhlak peserta didik dan upaya upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SD Negeri Sembungharjo 02 Semarang. Tujuan penulisan skripsi ini ialah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan untuk mengetahui upaya-upaya guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik di SD Negeri Sembungharjo 02 Semarang. Penulis dalam melaksanakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Sembungharjo 02 meliputi kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, berwibawa, arif dan berakhlak mulia termasuk dalam kategori baik dengan dibuktikan dengan hasil analisis penulis mengenai aspek tersebut. Upaya-upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Sembungharjo 02 Semarang dalam membina akhlak yaitu meliputi keteladanan, perumpamaan, motivasi, metode kisah-kisah, pembiasaan, dan ganjaran berlangsung kurang baik karena kurangnya pengawasan. Kata kunci : kompetensi kepribadian, membina akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:50
Last Modified: 13 Jun 2022 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22921

Actions (login required)

View Item View Item