RIDWANULLAH, FAROHIDI (2021) PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 2 REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (551kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (760kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (642kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
Text
S1 Tarbiyah_31501700040_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pada tahun 2021 ini seluruh dunia mengalami wabah yaitu pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 adalah krisis kesehatan yang melanda hampir di seluruh penjuru dunia. Pandemi ini berdampak pada berbagai bidang, salah satunya di pendidikan. Maka terjadi sebuah kekacauan dalam bidang pendidikan, sekolah-sekolah diliburkan, kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi terganggu, pembelajaran yang awalnya dilalukan secara tatap muka untuk sementara tidak bisa dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu adanya perubahan desain model pada kegiatan belajar mengajar untuk menghindari pembelajaran dengan tatap muka sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran wabah virus covid-19. Aplikasi microsoft teams merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran secara daring yang memiliki banyak fitur didalamnya. Penelitian bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi microsoft teams sebagai media pembelajaran fikih secara daring. Adapun Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Sedangkan informan dalam penelitian ini meliputi: Guru mapel fikih dan peserta didik. Pembelajaran yang telah dilaksanakan tergolong baik. Meskipun dalam tahapan pelaksanaannya terjadi beberapa kendala. Hal tersebut wajar dan tidak begitu berarti dikarenakan proses penyesuaian dengan pembelajaran yang baru. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh guna menjadikan pembelajaran fikih menggunakan aplikasi microsoft teams berjalan lebih baik lagi. Saran penulis untuk guru mapel fikih dan peserta didik MAN 2 Rembang kelas x selalu meningkatkan kualitas serta memahami perkembangan ilmu dan teknologi dan selalu semangat dalam menjalani proses pembelajaran secara daring ini agar terciptanya pendidikan yang hebat. Kata Kunci : Penerapan, Microsoft Teams, Pembelajaran Daring, Fikih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 08:09 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22852 |
Actions (login required)
View Item |