Putra, Shandy Fabbiyant (2021) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA Latar Belakang: prestasi akademik mahasiswa seharusnya tidak menjadi penyebab untuk aktivis terlalu fokus dengan kesibukan yang ada di dalam organisasi, akan tetapi prestasi akademik seharusnya menjadi tantangan bagi aktivis untuk selalu melakukan disiplin belajar, sehingga dapat terjadi keseimbangan baik dari sisi keaktifan berorganisasi dan juga dari sisi prestasi akademik mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Metode : penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 responden, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Dan data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji pearson correlation. Hasil : dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa aktif dalam berorganisasi (95%) dan sebagian kecilnya kurang aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi. Dan sebanyak 57 responden (95%) memiliki disiplin belajar yang baik da 3 (5%) responden lainnya memiliki disiplin belajar yang buruk. Sedangkan untuk indeks prestasi kumulatif mahasiswa 48 (80,7%) responden memiliki IPK baik, dan 1 (1,7%) responden memiliki IPK cukup, sedangkan 11(18,3%) responden memiliki IPK sangat baik. Untuk hasil uji statistic pearson correlation didapatkan korelasi antara keaktifan berorganisasi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) adalah 0,575, yang memiliki tingkat keeratan hubungan yang cukup besar. Sedangkan pada korelasi antara disiplin belajar dengan indeks prestasi kumulatif didapatkan hasil 0,621 yang menunjukkan adanya keeratan hubungan yang besar. Simpulan : terdapat hubungan yang bermakna antara keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Kata kunci : keaktifan berorganisasi, disiplin belajar, prestasi akademik mahasiswa Daftar Pustaka : 44 (1995-2020)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:17 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 04:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21978 |
Actions (login required)
View Item |