Maisaroh, Siti (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KETERSEDIAAN SARANA PENDIDIKAN, PERILAKU BELAJAR DAN GENDER TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PENGANTAR DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Abastrak.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya pendidikan dimulai sejak Nabi Adam AS diciptakan sebagai Kholifah di bumi ini. Pendidikan sendiri merupakan upaya manusia untuk meningkatkan taraf hidup ke arah yang lebih sempurna. Ada berbagai faktor yang saling berpengaruh dalam meningkatkan pendidikan ke taraf yang lebih sempurna seperti perkembangan emosi, ketersediaan sarana yang memadai, etika/perilaku dan minat akan kemampuan personal dan seluruh aspek perkembangan lainnya. Menurut Framework of development of Accounting Education Research yang dikeluarkan oleh the American Accounting Association (AAA) yang menyatakan bahwa adanya kebutuhan riset khusus pendidikan akuntansi tambahan mengenai demografi terhadap prestasi akademik mahasiswa. Setelah ditinjau dari berbagai aspek, lingkup demografi masih terlalu luas untuk diteliti. Oleh karena itu gender diempiriskan sebagai salah satu faktor yang mampu mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi pengantar. Penelitian yang berjudul Pengaruh Kecerdasan Emosional, Ketersediaan Sarana Pendidikan, Perilaku Belajar dan Gender terhadap tingkat Pemahaman Akuntansi Pengantar dengan Minat sebagai Variabel Pemoderasi ini menguji beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman Mahasiswa mengenai Akuntansi Pengantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan data primer berupa kuesioner. Populasi penelitian meliputi Perguruan Tinggi Swasta di Semarang sedangkan penentuan sampel dengan Purposive Sampling, sehingga didapat 3 Perguruan Tinggi Swasta yang dijadikan sampel penelitian. Dari data yang diperolah dianalisis menggunakan program SPSS 16, dengan alat analisis regresi linier berganda, MRA. Hasil analisis menjelaskan bahwa kecerdasan emosional, ketersediaan sarana pendidikan dan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pengantar, perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pengantar, minat bukan merupakan variabel moderating antara kecerdasan emosinal dengan tingkat pemahaman akuntansi pengantar, minat bukan variabel moderating antara ketersediaan sarana pendidikan dengan tingkat pemahaman akuntansi pengantar, minat merupakan variabel moderating antara perilaku belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi pengantar, minat bukan merupakan variabel moderating antara gender dengan tingkat pemahaman akuntansi pengantar. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Ketersediaan Sarana Pendidikan, Perilaku Belajar, Gender, Minat, Tingkat Pemahaman Akuntansi Pengantar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Jan 2016 05:53 |
Last Modified: | 04 Jan 2016 05:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2192 |
Actions (login required)
View Item |