IMPLEMENTASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL-ITQON BUGEN SEMARANG

PRATIWI, SOFIANA DIAN (2021) IMPLEMENTASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL-ITQON BUGEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Mutta’allim di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Itqon Bugen Semarang”, penelitian ini di latar belakangi konsep pendidikan akhlak yang dikemukakan oleh banyak tokoh Islam yang menuliskan dan menyusun istilah “kitab kuning” yang sering kita dengar dalam karya-karyanya ini adalah norma pesantren dan tradisi pesantren. Salah satu kitab kunig yang menjadi salah satu rujukan dalam pendidikan akhlak di pondok pesantren adalah kitab Ta’lim Mutta’allim yang ditulis oleh Syekh az-Zarnuji. Kitab Ta’lim Mutta’allim sangat terkenal dikalangan pondok pesantren dan menjadi kitab wajib bagi santri. Penelitian ini menggunakan metode observasi, meode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dari lingkungan pondok pesantren Al-Itqon. Data yang dianalisa menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Landasan teori penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisa data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Pondok pesantren yang diasuh oleh KH. Ahmad Haris Shodaqoh memiliki santri yang berkakhlak mulia dan memiliki sifat tawadhu’ terhadap guru, kiai dan sesama santri. Santri disini telah menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’lim Mutta’allim yang diajarkan di Madrasah Diniyyah Salafiyyah Al-Wathoniyyah Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang. Kata Kunci : Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan, Ta’lim Mutta’allim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:49
Last Modified: 12 Jan 2022 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21601

Actions (login required)

View Item View Item