Rifana, Rischa Destria (2021) PEMBUDAYAAN MEMBACA ALQUR’AN DI SMP NURUL ULUM SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (746kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (633kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (730kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (772kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (635kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (699kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh beberapa kendala dan manfaat dalam proses kegiatan membaca al-Quran, di antaranya adalah: (1) tidak semua guru berasal dari lingkungan yang Islami dan untuk itu guru juga harus ikut belajar membaca al-Quran (2) tidak semua murid saat masuk dalam sekolah tersebut bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar (3) dengan adanya kegiatan budaya membaca al-Quran menjadikan guru dan peserta didik mengalami peningkatan dalam pembudayaan membaca al-Quran (4) dengan menggunakan metode Adzkarul Yaumiyyah memudahkan peserta didik dalam melaksanakan proses hafalan di SMP Nurul Ulum Semarang. Penelitian ini menggunakan field research atau peneitian lapangan. Sumber data yang diperoleh penulis dari sumber data premier dan data sekunder, seperti identitas sekoah, visi dan misi, suasana pelaksanaan kegiatan pembudayaan membaca al-Quran peserta didik dan data yang diperoleh dari observasi. Dan kemudian data-data yang telah didapat dianalisi. Data yang sudah diperoleh dan dianalisis, sebelum dilaksanakannya kegiatan pembudayaanmembaca al-Quran diawali dengan adanya: (1) kegiatan ini dimulai terlebih dahulu dengan proses seleksi oleh tim penanggung jawab kegiatan yang ada di SMP Nurul Ulum Semarang (2) kegiatan pembudayaan membaca al-Quran diawali dengan salam, doa dan mengulangi lagi hafalan yang telah dihafal sebelumnya (3) kegiatan inti, yaitu dengan menggunakan metode Adzkarul Yaummiyah(Talqin-Tasmi’, Ta fahhum, Tikrar, Muraja’ah) yang dibimbing oleh guru (4) kegiatan penutup, yaitu doa bersama. Kata kunci: pembudayaan, membaca al-Quran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:48 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21593 |
Actions (login required)
View Item |