PENGARUH KREATIVITAS GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDN BRINGIN JUWANA

Sasabela, Okti Monavisa (2021) PENGARUH KREATIVITAS GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDN BRINGIN JUWANA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (681kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (997kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh kreativitas guru PAI terhadap hasil belajar peserta didik. Saat situasi pendemi Corona Virus Disease (Covid-19) seperti ini semua lembaga pendidikan baik dari tingkat SD sampai perguruan tinggi melakukan pembelajaran secara daring. Keadaan seperti ini menuntut semua tenaga pengajar atau guru untuk dapat mengembangkan kreativitasnya baik dari sisi pedagogik atau bagaimana cara penyampaian materi maupun teknologi yang digunakan. Sehingga pembelajaran bisa tetap berlangsung walaupun dilakukan secara daring. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru PAI terhadapa hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti mengkunakan teknik angket berupa skala likert, berupa pernyataan-pernyataan yang diambil dari indikator-indikator yang ada disetiap variabel. Selanjutnya setelah mengolah data peneliti menggunakan rumus korelasi PPMC (Person Product Moment Corellation) yang kemudian peneliti menganalisis menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini tidak ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru PAI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI di SDN Bringin Juwana. Hal ini dapat dibuktikan dari hasli perhitungan menggunakan SPSS menggunakan rumus uji korelasi product moment, dapat diketahui rhitung sebesar 0,122 lebih kecil daripada rtabel (1,701) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,905 > 0,05, yang menyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: kreativitas guru , hasil belajar, peserta didik, pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:48
Last Modified: 12 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item