Andari, M. Akhsan (2021) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 ARUT SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (441kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (719kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
Abstract
M. Akhsan Andari : 2021. Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Sultan Agung Semarang Kata Kunci : Implementasi, metode Problem Solving, pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendidikan adalah usaha yang secara sengaja dari orang tua yang selalu diberikan mampu menimbulkan tanggungjawab moral dari segala perbuatannya. (Muhibbin, 2007) yang dimaksud orang tua tersebut adalah orang tua anak itu atau orang yang memiliki kewajiban dalam mendidik, seperti guru, ustadz, pendeta dan kyai. Pendidikan akan memberikan dampak positif bagi para generasi muda dan pendidikan akan menyiapkan dan menciptakan generasi yang baik bagi Negaranya. Maka dari itu pendidik harus membutuhkan ketekunan, keuletan dan kesabaran didalam mengajarnya. Pembelajaran dengan problem solving ini dimaksud agar peserta didik dapat menggunakan pemikiran (rasio) seluas-luasnya sampai titik maksimal dari daya tangkapnya. Sehingga peserta didik terlatih untuk terus berfikir dengan menggunakan kemampuan berfikirnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, 1) Bagaimana perencanaan Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan, 2) Bagaimana pelaksanaan Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan, 3) Bagaimana Evaluasi Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian wawancara, observasi dan dokumentas. Berdasarkan observasi peneliti pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMPN 2 Arut Selatan pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode problem solving mendapatkan hasil yaitu menunjukkan dampak yang positif dan negatif. Terbukti dari hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran PAI dan beberapa siswa SMPN 2 Arut Selatan yang mengatakan bahwa dampak positif dari penggunaan metode problem solving ini sangat mendukung belajarnya seorang siswa, dan memberi semangat siswa langsung dari orang tua nya, sedangkan dampak negatifnya, hal ini dinyatakan oleh Bapak Abdul Muis, S. Ag selaku guru PAIyaitu dengan banyaknya siswa yang tidak mengikuti pembelajaran, banyak yang tidak mengerjakan tugas dan mengerjakan ulangan harian atau kuis dengan asal-asalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:29 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21481 |
Actions (login required)
View Item |