Qamara Putri, Maulia (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA TRANSAKSI ELEKTRONIK (E-COMMERCE) BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 (Studi Kasus Pada Aplikasi Sistem Pembayaran Go-Pay PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (598kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (318kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (325kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (585kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (332kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (564kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna transaksi elektronik (e-commerce) yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 pada studi kasus aplikasi sistem pembayaran Go-Pay PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai apakah Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik telah mampu melindungi kepentingan konsumen dan untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab perusahaan Go-Jek Indonesia terkait hilangnya saldo secara tiba-tiba sebagai akibat dari penggunaan fitur sistem pembayaran Go-Pay. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum, serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan bahan hukum yang digunakan yaitu studi kasus kepustakaan, yakni dengan menggunakan dan mempelajari buku-buku, peraturan perundangundangan, dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan simpulan pertama yaitu UUPK dan UU ITE telah mampu memberikan perlindungan konsumen dari pihak pelaku usaha. Apabila terdapat suatu pelanggaran khususnya pada kegiatan transaksi elektronik terhadap hak-hak dan kewajiban baik dari pelaku usaha maupun konsumen maka UUPK telah menyediakan beberapa jalan penyelesaian. Keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan dapat terwujud guna perlindungan terhadap konsumen. Simpulan kedua yaitu, pihak perusahaan Go-Jek Indonesia melakukan penyelesaian masalah dengan melalui jalan musyawarah dan bertanggung jawab dengan memberikan ganti rugi yang diberikan kepada konsumen yang mengalami kerugian atas penggunaan fitur Go-Pay pada aplikasi Go-Jek yaitu berupa pengembalian sejumlah saldo konsumen yang hilang. Kata Kunci : perlindungan konsumen, transaksi elektronik, Go-Pay
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:12 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:12 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21275 |
Actions (login required)
View Item |