PELAKSANAAN PERJANJIAN WARALABA (FRANCHISE AGREEMENT) CHIC LIN DI KOTA JEPARA

Wahyu Septiyaningrum, Asti (2021) PELAKSANAAN PERJANJIAN WARALABA (FRANCHISE AGREEMENT) CHIC LIN DI KOTA JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (513kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (270kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (415kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (374kB)

Abstract

Waralaba merupakan hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. Franchise harus mempunyai dasar hukum yang merupakan bagian dari perjanjian atau kontrak. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum terikat oleh perjanjian waralaba, setiap pihak yang terlibat harus memperhatikan setiap poin dalam perjanjian waralaba dengan hati-hati dan seksama. Oleh karena itu, perjanjian waralaba merupakan bagian yang sangat penting dalam bisnis waralaba. Penulis merumuskan beberapa permasalahan, yaitupelaksanaan perjanjian waralaba(franchise agreement),hubungan hukum yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian waralaba (franchise agreement), serta penyelesaian sengketa antara pihak pemberi waralaba dengan pihak penerima waralaba pada Chic Lin Kota Jepara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian waralaba, hubungan hukum yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian waralaba, dan penyelesaian sengketa antara pihak pemberi waralaba dengan pihak penerima waralaba pada Chic Lin Kota Jepara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan wawancara dan data sekunder, yaitu dari bahan-bahan pustaka yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan perjanjian waralaba (franchise agreement) diawali dengan pembuatan perjanjian tertulis antara franchisor dengan franchisee. Dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian, dimana para pihak harus melaksanakan isi perjanjian yang menjadi kewajibannya dengan berdasarkan asas konsensualisme, asas kebebasan berkontrak, asas itikad baik, dan dilaksanakan beerdasarkan prinsip kejujuran dan jelas. Hubungan hukum yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian waralaba (franchise agreement) mengakibatkan akibat hukum yaitu timbulnya hak dan kewajiban antara franchisor dengan franchisee. Terdapat beberapa upaya yang ditempuh oleh pihak franchisor diawali dengan memberikan surat peringatan kepada franchisee. Jika pihak franchisee tidak mengindahkan, maka pihak franchisor akan melakukan musyawarah mufakat bersama pihak franchisee. Jika dengan cara musyawarah mufakat masih belum dapat menyelesaikan masalah, maka pihak franchisor akan menyeleaikannya dengan menempuh jalur hukum. Kata Kunci : Perjanjian dan Waralaba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:13
Last Modified: 07 Jan 2022 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21141

Actions (login required)

View Item View Item