MASRURI, MUHAMMAD (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) Di SMA NEGERI se-KECAMATAN MRANGGEN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
cover.pdf Download (142kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (131kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (119kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (81kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (166kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
Ada beberapa indikator yang menunjukkan lemahnya profesionalitas guru dalam melaksanakan tugas utamanya mengajar yaitu; (a) rendahnya pemahaman tentang strategi pembelajaran, (b) kurang kemahiran dalam mengelola kelas, (c) rendahnya kemampuan melakukan dan memanfaatkan penelitian tindakan kelas, (d)rendahnya motivasi berprestasi, (e) rendahnya komitmen profesi, (f) kurang disiplin, (g) serta rendahnya kemampuan manajemen waktu. Karena pentingnya profesionalitas seorang guru maka diperlukan suatu penelitian tentang profesionalitas guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam, dan untuk itulah penelitian ini dilaksanakan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik yang menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara alami. Pengambilan data atau penjaringan fenomena dilakukan dari keadaan yang sewajarnya yang dikenal dengan sebutan ”pengambilan secara alami dan natural”. Dengan sifatnya ini maka peneliti dituntut terlibat secara langsung di lapangan dengan melihat bagaimana kompetensi professional dan kompetensi pedagogik guru pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini peneliti berusaha memahami dan menggambarkan apa yang dipahami dan digambarkan oleh subjek penelitian. Berdasar pada temuan data di lapangan, bahwa kompetensi professional dan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama di SMA Negeri se-kecamatan Mranggen digambarkan dalam kemampuan pedagogik; yaitu kemampuan guru menyusun RPP, Silabus, Prota dan Promes, kemampuan improvisasi metode pembelajaran dan kemampuan menilai hasil belajar siswa melalui penilaiaan berbasis kelas. kemampuan profesional; digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi dilihat dari latar belakang pendidikan guru yang memiliki kualifikasi akademik dan guru mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusan yang dimilikinya, kemampuan memahami peserta didik, kemampuan menguasai pembelajaran yang mendidik melalui kemampuan memahami jenis mata pelajaran, mengorganisasikan materi pelajaran serta mendayagunakan sumber belajar. Kata kunci: Kemampuan Kompetensi Profesional dan Kemampuan Kompetensi Pedagogik Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:38 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20518 |
Actions (login required)
View Item |