PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DARI PELAKU USAHA PERIKLANAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

AENI, WIWIN SYIFA’UL (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DARI PELAKU USAHA PERIKLANAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (100kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Kegiatan pemasaran biasanya dilakukan dengan cara promosi. Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.Iklan berfungsi untuk mengenalkan suatu produk kepada masyarakat, iklan juga sebagai strategi pemasaran yang bertujuan untuk memberi informasi atas suatu produk kepada masyarakat.Iklan sebagai salah satu bentuk informasi, merupakan alat bagi pelaku usaha untuk memprkenalkan produknya kepada masyarakat agar dapat memikat masyarakat untuk menggunakan produk tersebut. Begitu pula dengan masyarakat akan memperoleh gambaran tentang suatu produk jika produk tersebut diiklankan, akan tetapi dalam permasalahannya terkadang iklan tidak selamanya sesuai dengan keadaan produk yang benar atau lengkap sehingga banyak konsumen yang merasa tertipu akan iklan yang beredar. Penelitian ini bertujuan agar masyarakat mengetahui secara jelas bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan akibat dari ketidaksesuaian informasi iklan yang dibuat oleh pelaku usaha dan mengetahui hambatan terhadap perlindungan hukum konsumen dari pelaku usaha periklanan menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, dimana metode yang digunakan adalah mencari, menafsirkan dan membuat kesimpulan berdasarkan kenyataan yang ada. Sedangkan data yang diperoleh dari wawancara dengan Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) serta mengambil beberapa contoh dari masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan perlindungan konsumen merupakan bagian dari hukum konsumen yang memuat asas-asas atau kaidah-kaidah bersifat mengatur dan juga mengandung sifat yang melindungi kepentingan konsumen.Lembaga perlindungan konsumen memiliki tugas memberikan perlindungan hukum bagi konsumen dalam bidang pengaduan dan advokasi, penerbitan dan pengumunan, serta dalam bidang penerbitan. Pemerintah memberikan edukasi terkait perlindungan konsumen kepada masyarakat agar tidak mudah terjebak dan terpengaruh dengan iklan. Kurang kepedulian dan kesadaran hukum konsumen dari pelaku usaha itu sendiri dalam menyelesaikan sengketa konsumen dan hanya mengutamakan keuntungan. Untuk memasarkan produknya, pelaku usaha pada umumnya membuat sebuah iklan atau mempromosikan barang dan/atau jasa yang akan diperdagangkan ke masyarakat melalui sarana media komunikasi seperti televisi, surat kabar, radio, dan sebagainya. Kata Kunci : Pelaku usaha, Konsumen, Periklanan, Perlindungan hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:47
Last Modified: 11 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20286

Actions (login required)

View Item View Item