PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN TENTANG CACAT PRODUK (Studi Pada Konveksi Baju Muslim Brand Alwi Kota Demak)

Farida, Yulia Nur (2020) PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN TENTANG CACAT PRODUK (Studi Pada Konveksi Baju Muslim Brand Alwi Kota Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (469kB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (287kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (182kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (384kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (552kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (531kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Suatu perkembangan kehidupan masyarakat yang dinamis dan berkembang secara pesat, di era globalisasi tak lepas dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Hal ini membawa dampak yang baik bagi kemajuan Indonesia terutama di bidang perekonomian karena semakin banyak ide inovasi serta inspiratif sehingga banyak pelaku usaha yang mampu menghasilkan suatu produk baik barang dan/ atau jasa. Dalam melakukan mempromosikan suatu barang dan/ atau jasa tak lepas terjadinya hubungan hukum dari kegiatan transaksi jual beli antara pelaku suaha dengan konsumen, yang seringkali menimbulkan perselisihan antara pelaku usaha dengan konsumen dalam pemenuhan masing – masing hak dan kewajiban para pihak. Perselisihan pada umumnya adalah pada saat konsumen menggunakan suatu barang dan/ atau jasa didapati cacat produk. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana wujud pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen yang sudah membeli produk yang cacat serta bagaimana penyelesaian sengketa antara pelaku usaha dengan konsumen menurut UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis guna melakukan penulusuran dengan melakukan wawancara terhadap pelaku usaha terkait pertanggungjawaban terhadap konsumen tentang cacat produk. Hasil penelitian yang diperoleh, pertanggungjawaban pelaku usaha terkait cacat produk pada umumnya adalah Tanggung Jawab Mutlak ( Strict Liability ) namun konsumen yang mengalami kerugian atas penggunaan barang dan/ atau jasa maka wujud tanggungjawab pelaku usaha adalah Tanggung Jawab Produk ( Product Liability). Pelaku usaha akan memberi ganti rugi apabila konsumen mendapat barang yang cacat. Penyelesaian sengketa pelaku usaha dengan konsumen menurut UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui pengadilan ( Litigasi ) dan melalui Alternatif Penyelesaian Sengketa ( Non Litigasi). Kata Kunci: Pelaku usaha, Konsumen, pertanggungjawaban, cacat produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:45
Last Modified: 11 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20283

Actions (login required)

View Item View Item