ANALISIS PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Study Kasus : Proyek Pembangunan Jembatan Sikatak Universitas Diponegoro Semarang)

AKBAR, MUHAMAD ILHAM MAWAZIRUL and ANGGARA, RISKA DWI (2020) ANALISIS PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Study Kasus : Proyek Pembangunan Jembatan Sikatak Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (661kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)

Abstract

Dalam penyelenggaraan Proyek Pembangunan Jembatan Si Katak Universitas Diponegoro Semarang berdasarkan pemerintah Kota Semarang untuk meningkatkan sarana dan prasarana transportasi darat yang menghubungkan Jalan Prof. Soeharto dengan desa Juran Belimbing. Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengetahui upaya penerapan keamanan dan keselamatan kerja (K3) dengan melakukan identifikasi dan pengendalian kecelakaan kerja diarea proyek. Data dalam penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner, pengamatan langsung, dan wawancara pada Proyek Pembangunan Jembatan Si Katak Universitas Diponegoro Semarang kepada Kontraktor sebagai penyedai jasa, Konsultan Manajemen Konstruksi, Sub. Kontraktor serta Mandor di proyek tersebut. Dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA), yaitu suatu metode analisis keselamatan dengan cara mengidentifikasi bahaya pada suatu pekerjaan dan mengendalikan resiko kecelakaan kerja yang akan terjadi saat bekerja. Kemudian melakukan analisa data proyek dengan analisa yang berpedoman standar AZ/NZS 4360:2004. Setelah itu di analisa sehingga didapatkan klasifikasi risiko Low, Medium, High, Very High, selanjutnya mengolah data kuesioner kemudian dianalisa dengan perhitungan bobot, IKR, sehingga didapatkan hasil untuk membuat pengelompokan indeks resiko dan melakukan penentuan klasifikasi risiko, apakah TIDAK PENTING, PENTING, dan SANGAT PENTING. Pada penelitian ini, telah dibuat standar rekomendasi prosedur kerja yang aman untuk pekerjaan-pekerjaan yang menjadi objek penelitian ini melalui tabel-tabel JSA. Berdasarkan hasil analisis, dari 9 tahapan pekerjaan terdapat 5 tahapan pekerjaan yang memiliki risiko sangat tinggi, yaitu pada tahapan pekerjaan struktur, tahapan pekerjaan elektrikal, pekerjaan elektronik, pekerjaan tata udara, dan tahapan pekerjaan genset, kemudian dilakukan penerapan K3 dalam pengendalian supaya risiko dapat terminimalisir, upaya dalam pengendalian risiko dilakukan dengan memakai APD yang lengkap (Helm, rompi, sarung tangan, kacamata, sepatu safety, masker), dan sering diadakan briefing safety talk, safety induction, safety patrol, evaluasi meeting, dan penyediaan rambu yang jelas, serta penataan peralatan kerja yang rapi. Kata Kunci : Keamanan dan Keselamatan Kerja, IKR, AZ/NZS 4360:2004, JSA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Apr 2021 07:35
Last Modified: 23 Apr 2021 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19987

Actions (login required)

View Item View Item