PAMBUDITOMO, PUGUH AGUNG DWI (2020) PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI DI KEPOLISIAN RESOR BLORA DALAM RANGKA MENCEGAH KECELAKAAN LALU LINTAS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (330kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
Abstract
Di wilayah hukum Polres Blora, angka kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Salah satu upaya untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas adalah dengan pelayanan pembuatan SIM sesuai dengan prosedur yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kepolisian Resor Blora dalam rangka mencegah kecelakaan lalu lintas d an untuk mengetahui dan menganalisis kendala yang dihadapi Kepolisian Resor Blora dalam pembuatan surat izin mengemudi dan solusinya. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggnakan analisis kualitatif. Sebagai pisau analisis digunakan teori pelalyanan publik, teori efektivitas hukum dan teori kemanfaatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kepolisian Resor Blora dalam rangka mencegah kecelakaan lalu lintas telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur perundang-undangan yang berlaku dan dapat dikatakan efektif dalam menekan tingkat kecelakaan. Kendala yang dihadapi Kepolisian Resor Blora dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi adalah kurangnya jumlah personil solusinya dengan cara membagi pelayanan menjadi dua kelompok yaitu pemohon SIM baru dan pemohon perpanjangan SIM; ketepatan waktu pelayanan belum sesuai dengan SOP solusinya segera dilakukan ujian teori setiap kali ada peserta tanpa harus menunggu lama, adanya kerusakan peralatan dalam pelayanan SIM solusinya adalah menunggu datangnya teknisi dengan tetap melakukan pelayanan menggunakan peralatan yang tersedia; dan kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat, solusinya adalah dengan sosialiasi terhadap masyarakat mengenai SIM dan dihimbau untuk tidak menggunakan jasa calo dalam pembuatan SIM Kata kunci : pelayanan, pembuatan SIM, kecelakaan lalu lintas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 07:31 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 07:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19825 |
Actions (login required)
View Item |