PERBEDAAN SIKAP MAHASISWA PENDIDIKAN KEDOKTERAN DAN S1 FARMASI PADA KEGIATAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (Studi Kasus IPE pada Kegiatan SGD dengan Tema Tuberkulosis di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Hudaningrum, Futikha (2020) PERBEDAAN SIKAP MAHASISWA PENDIDIKAN KEDOKTERAN DAN S1 FARMASI PADA KEGIATAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (Studi Kasus IPE pada Kegiatan SGD dengan Tema Tuberkulosis di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (631kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Evaluasi proses pembelajaran Interprofessional Education penting dilakukan guna mengetahui keberhasilan dalam proses pelaksanaannya. Proses evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan melakukan penelitian mengenai sikap mahasiswa pada kegiatan Interprofessional Education. Penelitian mengenai sikap mahasiswa program studi pendidikan kedokteran dan farmasi diharapkan dapat menjadi pedoman bagi tim penyusun kurikulum Interprofrssional Education di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang untuk proses pengembangan kegiatan pembelajaran Interprofessional Education dikemudian hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel yang diambil adalah seluruh mahasiswa pendidikan kedokteran dan farmasi yang telah mengikuti Small Group Discussion dengan tema tatalaksana tuberkulosis yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data dilaksanakan pada Agustus 2020 menggunakan kuesioner online google form. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan, berisi 16 pertanyaan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dijawab menggunakan Likert Scale 4 point. Hasil analisis uji statistik terhadap total skor skala sikap kolaborasi menggunakan Mann Whitney Test adalah p-value sebesar 0,000 dengan nilai median skor total mahasiswa pendidikan kedokteran dan farmasi berturut-turut adalah 47,00 dan 56,00. Nilai p-value tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara total skor mahasiswa pendidikan kedokteran dan farmasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna terhadap sikap kolaborasi, mahasiswa pendidikan kedokteran masuk dalam kategori “sedang” dan katergori “tinggi” pada farmasi. Kata Kunci : Sikap, Kolaborasi, Interprofessional Education, Mahasiswa Pendidikan Kedokteran, Mahasiswa Farmasi, FK Unissula

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 07:31
Last Modified: 15 Apr 2021 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19553

Actions (login required)

View Item View Item