PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SDN KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK

SUHARTINI, SUHARTINI (2020) PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SDN KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (361kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (633kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa permasalahan, yang peneliti formulasikan dalam bentuk rumusan masalah yang meliputi: (1) bagaimanakah kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan program supervisi akademik di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, (2) bagaimanakah kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, (3) bagaimanakah kemampuan kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervisi akademik di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, dan (4) bagaimanakah peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI setelah disupervisi oleh kepala sekolah di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil supervisi akademik serta mendeskripsikan kemampuan pedagogik guru PAI di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu laporan penelitian yang berisi kutipan-kutipan data yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, catatan atau memo, dokumen pribadi, dan dokumen resmi lainnya yang berupa kata-kata, gambar d an bukan angka-angka. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kramat 1, SDN Harjowinangun 1, dan SDN Baleromo 1 Kecamatan Dempet Kabaupaten Demak. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, data verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah memiliki kemampuan yang baik dalam merencanakan program supervisi akademik di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, (2) kepala sekolah memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan supervisi akademik di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, (3) kepala sekolah memiliki kemampuan yang baik dalam menindaklanjuti hasil supervisi akademik di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, dan (4) kompetensi pedagogik guru PAI mengalami peningkatan setelah dilakukan supervisi oleh kepala sekolah di SDN Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Kata Kunci: peranan kepala sekolah, supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:09
Last Modified: 21 Apr 2021 03:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19323

Actions (login required)

View Item View Item