PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS

MUSTHOFIYAH, MUSTHOFIYAH (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran penting terhadap segala hal yang ada di sekolah termasuk dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di sekolah yang dipimpinnya. Faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan Agama Islam adalah kepala sekolah sebagai manajer pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan peran kepala MI NU Miftahul Ulum sebagai manajer dalam meningkatkan input mutu Pendidikan Agama Islam. 2) mendiskripsikan peran kepala MI NU Miftahul Ulum sebagai manajer dalam meningkatkan proses mutu Pendidikan Agama Islam. 3) mendiskripsikan peran kepala MI NU Miftahul Ulum sebagai manajer dalam meningkatkan output mutu Pendidikan Agama Islam Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Sumber data didapatkan dari kepala madrasah, waka kurikulum, TU, guru dan komite MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan sistem berpikir induktif untuk menemukan makna-makna dari data yang ada, kemudian untuk menarik kesimpulan secara general. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kepala MI NU Miftahul Ulum sudah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai manajer dengan sangat baik dalam upaya meningkatkan input mutu Pendidikan Agama Islam. Upaya yang dilakukan Kepala MI NU Miftahul Ulum adalah menyusun tim pengembang madrasah, menyusun RKM dan RKAM, tim pengembang kurikulum, dan melakukan revisi/ pengembangan kurikulum, menyusun struktur organisasi sekolah, monitoring dan mengevaluasi program kegiatan. 2) Kepala MI NU Miftahul Ulum sudah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai manajer dengan sangat baik dalam upaya meningkatkan proses mutu Pendidikan Agama Islam. Upaya yang dilakukan kepala MI NU Miftahul Ulum adalah membina guru menyusun silabus, prota, promes, RPP dan rancangan penilaian, menyusun SK PBM, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan bimtek, workshop, diklat, KKG, IHT, dan mengadakan supervisi adaministrasi dan supervisi pembelajaran 3) Kepala MI NU Miftahul Ulum sudah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai manajer dengan sangat baik dalam upaya meningkatkan out put mutu Pendidikan Agama Islam. Upaya kepala MI NU Miftahul Ulum adalah dengan mengaktifkan kegiatan extrakurikuler scains clubs, penambahan materi pelajaran/les dan extrakurikuler BTQ, kaligrafi, rebana, qiraah, dan tahfid juz 30. Kata kunci: Kepala sekolah, peran sebagai manajer, Mutu Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:46
Last Modified: 23 Apr 2021 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19314

Actions (login required)

View Item View Item