PELAKSANAAN PENGEMBANGAN GENERAL LIFE SKILL BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI SMP ASKHABUL KAHFI SEMARANG

NIAM, DICHA BAHRUN (2020) PELAKSANAAN PENGEMBANGAN GENERAL LIFE SKILL BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI SMP ASKHABUL KAHFI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Pendidikan harus mengupayakan terjadiya transfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) dan transfer nilai (transfer od value) secara berimbang. Namun pada kenyataannya secara umum justru pendidikan saat ini lebih menekankan pada aspek pengetahuan (kognitif). Kecakapan hidup yang bersifat khusus kurang diperhatikan, terkhusus kecakapan hidup yang bersifat generik (general life skill). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pengembangan general life skill berbasis nilai-nilai Islam di SMP Askhabul Kahfi Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan triangulasi data yang meliputi : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan general life skill yang mencakup dua aspek personal skill dan sosial skill telah dilakukan dengan baik. Adapun pelaksanaan pengembangan general life skill yang terdiri personal skill : a. Penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan (abdullah) sebagai manifestasi nilai akidah, meliputi : 1) Mengucapkan salam ketika berjumpa bapak/ibu guru dan teman, 2) Bersalaman ketika datang dan pulang sekolah, 3) Berdoa saat sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, 4) Sholat lima waktu berjamaah, 5) Program tahfidz al Qur‟an, 6) Muhasabah Wa Tarbiyah, b. Kemandirian yang terdiri 1. Sekolah berbasis pondok pesantren, 2. Organisasi ISPA (Ikatan Santri Pelajar Askhabul Kahfi). Sedangkan aspek sosial skill sebagai manifestasi niali akhlak meliputi : berkomunikasi, bekerjasama, dan empati yang telah diterapkan dengan pendekatan saintifik dan religius dalam kegiatan pembelajaran. Evaluasi pelaksanaan pengembangan general life skill termaktub dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun dalam kegiatan ektrakurikuler, kokurikuler dan intrakurikuler yang terintegrasi. Guru mampu mengatasi kendala yang dihadapi dengan solusi monitoring secara terprogram dengan istilah muhasabah wa tarbiyah. Kata kunci : pelaksanaan, general life skill, nulai-nilai Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:00
Last Modified: 20 Apr 2021 03:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19284

Actions (login required)

View Item View Item