PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA KELAS II SD PRAMPELAN

Nafiah, Lulfy Lailatul (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA KELAS II SD PRAMPELAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (940kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (388kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media fishbone diagram terhadap hasil belajar kognitif siswa pada tema hewan dan tumbuhan kelas II SD N Prampelan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini Nonrandomized pretest-posttest control group design. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Model discovery learning berbantuan media fishbone diagram memberikan pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan uji paired t-test hasil posttest kelas eksperimen bahwa nilai signifikansi menunjukan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media fishbone diagram (X1) terhadap hasil belajar kognitif siswa (Y1). Sedangkan paired t-test hasil posttest kelas kontrol dilihat bahwa nilai signifikansi menunjukkan angka 0,200 > 0,05. Ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa. Sementara itu, hasil dari uji independent test nilai signifikansi menunjukan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar kognitif di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran. Pada kotak mean didapatkan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 92.20, sedangkan mean hasil belajar siswa di kelas kontrol sebesar 70.48. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas kontrol. Kata Kunci: Discovery Learning, Fishbone Diagram, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 08:13
Last Modified: 08 Apr 2021 08:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19282

Actions (login required)

View Item View Item