PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORDS SQUARE BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MENUR TAHUN AJARAN 2019/2020

Sholeh, Afifudin Ibnu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORDS SQUARE BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MENUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (655kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran words square berbentuk permainan ular tangga terhadap hasil belajar kognitif IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Menur tahun ajaran 2019/2020”. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi menunjukan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model words square berbentuk ular tangga (X1) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa (Y1). Sedangkan hasil belajar kognitif IPA siswa di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional menunjukkan hasil nilai signifikansi yang menunjukkan angka 0,887 > 0,05. Ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran konvensional (X1) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa (Y1). Selanjutnya hasil uji independent menunjukkan nilai signifikansi menunjukan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif IPA siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran. Kotak mean menunjukkan hasil kelas eksperimen sebesar 92.02, sedangkan mean hasil belajar siswa di kelas kontrol sebesar 61.67. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif IPA siswa di kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif Siswa, Model Pembelajaran Words Square, Ular Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:39
Last Modified: 20 Apr 2021 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19249

Actions (login required)

View Item View Item