PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN di SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU TUNAS HARAPAN SEMARANG

FITRIAWATI, NURLAELA (2020) PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN di SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU TUNAS HARAPAN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya umat muslim yang belum memiliki kesadaran untuk mempelajari al-Quran, menghafal dan memaknai isinya. Penelitian dilaksanakan di SD IT Tunas Harapan Semarang pada bulan Desember hingga Maret 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obserasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilakukan secara siklus dan intraktif yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan Dalam penelitian ini, penulis merumuskan masalah penelitian tentang bagaimana implementasi pembelajaran tahfidz al-Quran di SD Islam Terpadu Tunas Harapan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tahfidz al-Quran di SD Islam Terpadu Tunas Harapan Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perencanaan pembelajaran tahfidz al-Quran, bahwa kurikulumnya ditentukan oleh Yayasan Al-Muhajirin, pembagian kelompok belajar dilakukan dengan membagi 5-7 orang peserta didik dalam 1 kelompok belajar, rencana pelaksanaan pembelajaranyan dibuat secara rutin sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar. 2). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran tahfidz al-Quran, waktu belajarnya terbatas sehingga pembelajaran tahfidz Al-Quran juga dilakukan di luar pelajaran formal yaitu setelah jam sholat duhur dan ashar. Pembelajaran tahfidz Al-Quran ini bertujuan mencetak generasi dengan akhlaq Qurani. Materi pembelajaran yang disampaikan sangat kompleks dan mendukung pembelajaran tahfidz al-Quran. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah simai’ karena metode ini dianggap cocok untuk peserta didik SD Islam Terpadu Tunas Harapan. 3) Evaluasi dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dimonitoring oleh pihak yayasan Al-Muhajirin bersinergi dengan Kepala SD, koordinator tahfidz dan Guru tahfidz sehingga ditemukan sedikit kendala yaitu pada waktu belajar, metode yang tidak seragam dan kurangnya dukungan orang tua yang Alhamdulillah ketiga hal tersebut bisa diatasi dengan baik. Kata kunci : Pembelajaran tahfidz, al-Quran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:57
Last Modified: 19 Apr 2021 02:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19236

Actions (login required)

View Item View Item