Nisa, Alfiana Toyibatun (2020) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN MENGENAI KELALAIAN PELAYANAN YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN EKSPEDISI MENURUT UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (658kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (282kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (288kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (283kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (416kB) |
|
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
Abstract
Penelitian tentang “ Tinjauan Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Mengenai Kelalaian Pelayanan Yang Dilakukan Perusahaan Ekspedisi Menurut Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen”, meninjau telah banyaknya perusahan ekspedisi pengiriman barang yang saat ini ikut serta dalam pembangunan ekonomi di masyarakat. Bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana kewajiban dan penanganan pihak perusahaan ekspedisi kepada konsumen jika kelalaian terjadi didalam perusahaan itu sendiri juga bagaimana perlindungan hukumnya untuk para konsumen pengguna jasa tersebut. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian yuridis sosiologis, hal ini dilakukan untuk memperoleh data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pihak – pihak yang terkait dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ekspedisi memiliki kewajiban – kewajiban yang harus dilaksanakan dalam melakukan kegiatannya dalam bidang pengiriman barang. Terjadinya kesalahan ataupun kelalaian yang dilakukan oleh perusahaan ekspedisi bisa saja dialami yang dapat menimbulkan kerugian bagi pengguna jasa tersebut/ konsumen. Perlindungan dan upaya para konsumen jika mengalami kerugian akibat kelalaian ataupun kesalahan harus bisa dibuktikan terlebih dahulu datang dari pihak perusahaan sendiri atau kesalahan yang dari awal memang timbul dari konsumen/ pengguna jasa ekspedisi tersebut. Jika timbulnya kelalaian terjadi dari pihak perusahaan, dengan prosedur klaim yang sudah diatur sedemikian rupa tentu saja pihak perusahaan tersebut akan mengganti kerugian yang telah dialami oleh konsumen. Namun jika kelalaian yang menimbulkan kerugian datang dari pihak konsumen maka itu bukanlah tanggung jawab dari pihak perusahaan ekspedisi lagi. Kata kunci : Perlindungan, konsumen, kelalaian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 06:23 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 06:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19098 |
Actions (login required)
View Item |