PERANCANGAN PERKERASAN JALAN LENTUR DI ATAS TANAH DASAR LEMPUNG EKSPANSIF YANG DISTABILISASI DENGAN ASPAL ALAM BUTON (DESIGN OF FLEXIBLE PAVEMENT OVER SUBGRADE OF BUTON NATURAL ROCK ASPHALT STABILIZED EKSPANSIVE CLAY SOIL)

AFIYAH, EVI NUR and SAFRISA, NURISHA (2020) PERANCANGAN PERKERASAN JALAN LENTUR DI ATAS TANAH DASAR LEMPUNG EKSPANSIF YANG DISTABILISASI DENGAN ASPAL ALAM BUTON (DESIGN OF FLEXIBLE PAVEMENT OVER SUBGRADE OF BUTON NATURAL ROCK ASPHALT STABILIZED EKSPANSIVE CLAY SOIL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (327kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemungkinan dipergunakannya Aspal Buton sebagai bahan penstabilisasi tanah lempung ekspansif. Dalam penelitian ini tanah lempung ekspansif yang dipergunakan diambil dari km 22 jalan raya Semarang ke Purwodadi. Stabilisasi dilakukan dengan cara menambahkan Aspal Buton sebanyak 20% sampai 35% dengan rentang 5%. Untuk membuktikan bahwa Aspal Buton untuk dipergunakan sebagai bahan stabilisasi, dilakukan beberapa pengujian seperti Atterberg Limit, Grafity Spesific, Sieve Analysis, Hydrometer, Direct Shear, Modified Proctor, dan CBR. Semua pengujian dilakukan di Laboraturium Jalan Raya, Fakultas Teknik, UNISSULA. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tanah memiliki berat jenis 2.488 dengan penambahan Aspal Buton 30% mengalami penurunan batas cair sampai 17%, batas plastis naik sampai 19%, indeks plastis turun sampai 42%. Kemudian untuk pengujian unsoaked CBR, nilai CBR meingkat dari semula 12.8% untuk tanah tanpa Aspal Buton, menjadi18.5%, 18.4%, 21.5%, dan 25% setelah ditambah aspal buton sebesar 20%, 25%, 30% dan 35%. Demikian pula hasil-hasil pengujian yang lain seperti batas-batas kondisi Atterberg (batas cair, batas plastis dan indeks plastisitas), berat jenis, kadar air optimum dengan proctor modified dan uji kuat geser langsung. Oleh karena itu disimpulkan bahwa Aspal Buton dapat dijadikan bahan penstabilisasi tanah khususnya tanah lempung ekspansif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:58
Last Modified: 14 Apr 2021 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18947

Actions (login required)

View Item View Item