PERANCANGAN LEAN MANUFACTURING DENGAN METODE VALSAT PADA LINE PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI WASTE (Studi Kasus di CV. Karya Manunggal)

CAHYANI, WINDA PUJI (2020) PERANCANGAN LEAN MANUFACTURING DENGAN METODE VALSAT PADA LINE PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI WASTE (Studi Kasus di CV. Karya Manunggal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (13MB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

CV. Karya Manunggal merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan sarung tangan. Proses produksi CV. Karya Manunggal yaitu meliputi cutting, persiapan, penempelan, sewing, finishing dan packing. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, terdapat permasalahan yaitu ketidaksesuaian antara target produksi dengan produk yang dihasilkan, hal tersebut berdasarkan representasi output yang di hasilkan oleh produk tidak dapat memenuhi pencapaian target produksi. Setelah dilakukan pengamatan, terdapat kegiatan yang tidak bernilai tambah yang dapat dikategorikan kedalam bentuk pemborosan (waste). Hal yang mempengaruhi rendahnya pencapaian target produksi yaitu terjadinya penumpukan produk setengah jadi pada stasiun kerja sewing proses jahit habpong. Hal tersebut disebabkan karena pada saat proses jahit hapbong, produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan kualitas atau dapat diartikan sebagai produk cacat (defect). Banyaknya produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar kualitas produk sehingga terjadi kegiatan pengerjaan ulang untuk memperbaiki produk cacat secara terus menurus yang mengakibatkan pemberhentian sementara pada proses produksi yang sedang berlangsung. Sehingga menimbulkan pemborosan pada waktu (waste waiting). Pada penelitian ini, penyelesaian masalah dilakukan menggunakan lean manufacturing tools, yaitu value stream mapping, waste assessment model, value stream analysis tools dan root cause analysis yang bertujuan untuk mengurangi pemborosan yang terjadi. Pada pembuatan current state mapping diketahui VA yaitu sebesar 504,95 detik, NVA sebesar 491,36 detik dan NNVA sebesar 383,70 detik dengan total leadtime sebesar 1380,02 detik. Selanjutnya hasil dari identifikasi waste menggunakan waste assessment model diperoleh peringkat terbesar hingga peringkat terkecil yaitu peringkat pertama yaitu waste waiting sebesar 19,44% dan peringkat terakhir yaitu waste inappropriate processing sebesar 9,44%. Dari hasil pengolahan menggunakan value stream analysis tools dengan tools PAM diperoleh NVA terbesar yaitu delay sebesar 41,14%. Kemudian dilakukan usulan perbaikan yaitu dengan Pengadaan pelatihan kerja, Penerapan autonomous maintenance, Perbaikan lantai produksi (relayout), Penambahan alat bantu material handling, Penambahan fasilitas kerja. Setelah dilakukan perbaikan, pada pembuatan future state mapping diperoleh nilai sebesar VA 504,95 detik, NVA sebesar 237,03 detik dan NNVA sebesar 313,63 detik dengan total leadtime sebesar 1055,61 detik. Dari data tersebut terjadi pengurangan waktu NVA sebesar 51,76% dan NNVA sebesar 18,26%. Kata kunci : Lean manufacturing, WAM, VALSAT, RCA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:53
Last Modified: 14 Apr 2021 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item