ANALISIS RISIKO KRITIS K3 UNTUK MEMINIMALKAN KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE RISK FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (RFMEA) PADA PT. JANATA MARINA INDAH

HENURIANDI, CHAD (2020) ANALISIS RISIKO KRITIS K3 UNTUK MEMINIMALKAN KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE RISK FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (RFMEA) PADA PT. JANATA MARINA INDAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (685kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

PT. Janata Marina Indah merupakan salah satu perusahaan industri perkapalan, yang lebih tepatnya di dalam bidang Integrated Ship Building (pembuatan kapal baru), Docking (galangan kapal), and Repairing (perbaikan). dalam menunjang proses pengerjaannya PT. Janata Marina Indah mengunakan beberapa mesin, alat berat dan masih banyak dilakukan secara manual tanpa alat bantu dan dioperasikan oleh banyak tenaga kerja yang nantinya dapat menimbulkan potensi ataupun resiko kecelakaan kerja. Banyaknya kejadian kecelakaan kerja di PT. Janata Marina Indah dan tingginya tingkat keparahan risiko menjadi rumusan masalah untuk melakukan penelitian. Untuk mengatasi masalah yang ada pada PT. Janata Marina Indah dan dapat menerapkan metode RFMEA. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan resiko kejadian apa yang termasuk kedalam kategori resiko kritikal pada PT. Janata Marina Indah dengan menggunakan metode RFMEA yang memperoleh risiko kritikal kemudian dianalisi penyebab dari risiko kritikal tersebut sehingga dapat diusulkan tindakan penangan risiko. Apabila pengimplementasian ini berhasil maka kecelakaan kerja dapat ditekan sekecil mungkin dan meminimasikan risiko kecelakaan kerja.Dari hasil penelitian mengunakan metode RFMEA diperoleh 2 variabel risiko yang masuk dalam kategori risiko kritikal dari 12 variabel risiko yaitu risiko cedera tubuh, dan terpeleset, cedera bagian tubuh. Kemudian diketahui penyebab dari risiko kritikal dari 2 variabel yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor manusia (kelalaian pekerja, tidak menggunakan APD yang lengkap dan aman, meremehkan dan kurang fokus), mesin (tidak ada pengecekan pada mesin sebelum digunakan, penggunaan mesin yang terburu-buru, kurang kencangnya tali-tali dengan kuat), metode ( kurang perhatiannya petugas kepada pekerja, pemberian SOP yang sesuai standara, kurang tegasnya pengawas, tidak adanya pelatihan tentang pentingnya menggunakan APD) , material (kurangnya pemberian APD yang aman dan lengkap, tidak adanya bantalan dilantai graving dock, tidak ditutupnya lubang-lubang yang tidak dipakai, dan tidak adanya safety warning disekitar area yang sering terjadi kecelakaan) dan faktor lingkungan (area sekitar graving dock yang banyak pasir dan kabel-kabel las yang berserakan, lantai graving dock yang licin, tidak adanya penyiraman debu disekitar graving dock, dan tidak ada penutupan kabel-kabel yang berserakan). Setelah diketahui penyebabnya maka diberikan suatu pengendalian risiko atau tindakan rekomendasi yang berupa respon risiko dan program untuk pengendalian risiko. Apabila pengimplementasian ini berhasil maka kecelakaan dapat ditekan sekecil mungkin. Strategi yang didapatkan diharapkan bisa mengurangi terjadinya kecelakaan kerja atau mengurangi dampak dari risiko kejadian. Kata Kunci : Manajemen Risiko,Risiko Kritikal, Analisis Risiko, RFMEA, APD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:21
Last Modified: 12 Apr 2021 03:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item