PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN FABEL NUSANTARA PADA APLIKASI IJATENG UNTUK PEMBELAJARAN FABEL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Aini Shima, Qurrotul (2020) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN FABEL NUSANTARA PADA APLIKASI IJATENG UNTUK PEMBELAJARAN FABEL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (790kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (699kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Pendidikan karakter pada anak merupakan proses pembentukkan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian. Oleh karena itu, pendidikan karakter berperan penting pada bagaimana anak bersikap dan menjalani kehidupan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendidikan karakter dalam kumpulan fabel nusantara pada aplikasi iJateng untuk pembelajaran fabel bagi siswa sekolah menengah pertama ? (2) Bagaimana mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan fabel nusantara pada aplikasi iJateng untuk pembelajaran fabel bagi siswa sekolah menengah pertama? (3) Bagaimana mengimplikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan fabel nusantara pada aplikasi iJateng untuk pembelajaran fabel bagi siswa sekolah menengah pertama?. Data penelitian menggunakan data Kumpulan Fabel Nusantara karya Agnes Bemoe melalui aplikasi iJateng. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik tulis. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter sebanyak 145 data, yang mana di dalamnya ditemukan nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan sebanyak 2 kutipan yang terdiri dari nilai-nilai religius, dan ditemukan nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri sebanyak 101 kutipan yang dibagi kedalam sepuluh kategori yaitu Jujur sebanyak 15 data, Bertanggung jawab sebanyak 5 data, Pola hidup sehat sebanyak 6 data, Disiplin sebanyak 9 data, Kerja keras sebanyak 7 data, Percaya diri sebanyak 16 data, Berfikir logis, kritis, kreatif sebanyak 24 data, Mandiri sebanyak 1 data, Ingin tahu sebanyak 16 data, dan Cinta ilmu sebanyak 2 data. Ditemukan pula nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama sebanyak 36 kutipan yang dibagi kedalam lima kategori yaitu Sadar hak dan kewajiban dengan sesama sebanyak 4 data, Patuh pada aturan- aturan sosial sebanyak 4 data, Menghargai karya dan prestasi orang lain sebanyak 6 data, Sopan santun sebanyak 6 data, Demokratis sebanyak 4 data, adapula nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan sebanyak 12 kutipan yang terdiri dari peduli sosial dan lingkungan sebanyak 12 data, serta terdapat nilai kebangsaan sebanyak 6 kutipan yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu Nasionalis sebanyak 3 data, dan menghargai keberagaman sebanyak 3 data. Kata kunci : nilai pendidikan karakter, fabel, aplikasi iJateng

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:38
Last Modified: 07 Apr 2021 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18641

Actions (login required)

View Item View Item