MANAJEMEN MITIGASI RESIKO YANG EFEKTIF PADA PROYEK UNDERPAS YIA YANG BERPOTENSI LIKUIFAKSI

APRILIANTO, ANDIKA ARIE (2020) MANAJEMEN MITIGASI RESIKO YANG EFEKTIF PADA PROYEK UNDERPAS YIA YANG BERPOTENSI LIKUIFAKSI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (67kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melalukan resiko yang efektif pada proyek underpas YIA yang berpotensi likuifaksi. Penelitian ini menggunakan beberapa tahap, tahapan penelitan dibagi menjadi tiga bagian yaitu identifikasi risiko, analisa risiko dan respon risiko. Identifikasi adalah tahap mencari variable-variabel risiko yang relevan pada proyek. Tahapan ini diawali dengan melakukan studi literatur dan kemudian melakukan survey pendahuluan kepada responden. Analisa risiko adalah proses mencari beberapa risiko yang signifikan dari segi waktu maupun biaya. Analisa risiko diterapkan terhadap hasil survey utama yang telah dilakukan sebelumnya. Metode yang digunakan adalah Severity Index dan Matriks Probabilitas. Tahap terakhir adalah menentukan respon risiko terhadap risiko yang signifikan terhadap biaya dan waktu. Respon risiko yang di dapat dengan melakukan wawancara terstruktur dengan para responden yaitu beberapa personel yang menangani proyek pembangunan Underpass YIA. Dari hasil penelitian Biaya Pondasi setelah dilakukan mitigasi untuk alternatif desain pondasi dangkal dengan replacement material sebesar Rp 6.616.901.275,00 atau lebih efisien 42.30% dengan deviasi sebesar Rp 4,851,075,937,00 dibandingkan dengan alternatif desain pondasi beton sumuran dengan biaya sebesar Rp 11.467.977.212,00. Durasi pondasi setelah dilakukan mitigasi untuk alternatif desain pondasidangkal dengan replacement material selama 7 hari persegmen atau lebih lama 1 hari dibandingkan dengan alternatif desain pondasi beton sumuran dengan durasi 6 hari persegmen, sedangkan durasi total segmen untuk alternatif desain pondasi dangkal dengan replacement material selama 230 hari atau lebih cepat dibandingkan dengan alternatif desain pondasi beton sumuran dengan durasi 241 hari. Total durasi pekerjaan underpass setelah dilakukan mitigasi alternatif desain pondasi dangkal dengan replacement material selama 379 hari atau lebih efektif 27 hari dibandingkan dengan alternatif desain pondasi beton sumuran dengan durasi 406 hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:28
Last Modified: 07 Apr 2021 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18575

Actions (login required)

View Item View Item