Badriyah, Nurul Laelatul (2020) PERBEDAAN MUTU PELAYANAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI POLI GIGI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUNAN KALIJAGA DEMAK Studi Terhadap Pasien Poli Gigi RSUD Sunan Kalijaga Demak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (223kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (303kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (432kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
Abstract
BPJS merupakan badan jaminan kesehatan yang diadakan pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Hasil penelitian sebelumnya, ada beberapa mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS sakit yang masih kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS di poli gigi RSUD Sunan Kalijaga Demak. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak menggunakan metode observasi analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling dan jumlah sampel 78 responden yang dibagi 2 yaitu 39 responden BPJS dan 39 responden Non BPJS. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor SERVQUAL mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS. Hasil analisis skor gap berdasarkan dimensi yaitu kehandalan skor gap -0,7 dan -0,9, bukti nyata skor gap -0,5 dan -0,6, ketanggapan skor gap -0,9 dan -1, jaminan skor gap -0,4 dan -0,4 dan empati -0,4 dan -1,1 memperoleh skor nilai sig (p) yaitu (p<0,05) yang menunjukkan perbedaan yang bermakna. Kesimpulan ada perbedaan mutu pelayanan pasien Non BPJS dan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak. Kata kunci : mutu pelayanan Non BPJS, BPJS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 07:21 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 07:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18370 |
Actions (login required)
View Item |