Setiadi, Muhammad Nurdin (2020) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) SUB TEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SDN 1 PLAWANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (62kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (73kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (464kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (106kB) |
|
Text
LAMPIRAN_1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 1 Plawangan dan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 1 Plawangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi tes prestasi. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Langkah-langkah NHT yaitu pembagian kelompok dengan memberikan kartu penomoran kepada setiap anggota, kerja tim dengan mendiskusikan LKS yang diberikan guru dan setiap nomor yang ditunjuk harus menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan dikomentari kelompok lain, terakhir guru mengajak berdo’a bersama. prestasi siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas V SDN 1 Plawangan mengalami peningkatan setiap siklusnya dimana pada siklus I yakni 14 siswa atau 67% lolos KKM dan pada siklus II ada 18 siswa atau 86% lolos KKM. Begitu juga dengan keaktifan belajar siswa terjadi peningkatan tiap siklusnya dimana pada siklus I yakni 14 siswa atau 66% dan pada siklus II yaitu 19 siswa atau 90%. Hasil ini sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu KKM 70 mencapai 80% dari seluruh jumlah siswa. Kata Kunci: Peningkatan, Model Pembelajaran Kooperatif, NHT (Numbered Heads Together), Prestasi Belajar, Keaktifan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 02:47 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 02:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18347 |
Actions (login required)
View Item |